Sepakbola

Mengenal Sosok Arthur, ‘Xavi-nya’ Barcelona

Setelah kepindahannya ke Eropa pada musim panas, Arthur Melo terlihat memiliki masa depan yang cerah di Barcelona dan Brasil. Arthur Melo hanya berkarir di Barcelona selama 3 bulan. Dia hanya melakukan enam pertandingan dimulai di La Liga dan tiga di Liga Champions. Arthur resmi menjadi skuad klub pada musim panas ini setelah pengejaran panjang dilakukan oleh Barcelona. Ia diberi jersey dengannomor 8, diharapkan bahwa ia mampu membantu meringankan kehilangan mantan petahana, Andres Iniesta.

Mengenal Sosok Arthur

Pengalaman Arthur bermain di klub Porto Alegre termasuk di final Copa Libertadores – di mana ia memenangkan penghargaan pertandingan di leg kedua meskipun ia hanya bermain selama 50 menit – dan Klub Piala Dunia – di mana Gremio kalah dari Real Madrid di babak final, membuat namanya semakin menjulang tinggi. Dia sudah tidak asing dengan gelaran besar. Pada tahun 2017 Arthur terpilih menjadi pemain terbaik ketiga Amerika Selatan oleh El Pais dari Uruguay.

Renato Portaluppi,kepala pelatihnya di Gremio, menggambarkan sosok Arthur sebagai pemain dengan “gaya Brasil dan pada saat yang sama juga memiliki gaya Eropa,  pemain handal yang melindungi bola dengan baik”. Sementara, Pelatih kepala Brazil Tite lebih banyak mengungkapkan tentang permainan Arthur bahwa dia memiliki “kemampuan untuk melakukan transisi secara baik.”

Barcelona memiliki dua pemain terbaik dalam dekade terakhiryaitu  Iniesta dan Xavi, dan kepergian mereka telah meninggalkan klub kekosongan posisi yang cukup sulit untuk diisi. Arthur adalah pemain dengan cetakan yang serupa dengan Xavi. Tinggi badannya hampir sama, dia sangat mirip dengan Xavi, dan dia bermain dengan cara yang sama pula. Dia melindungi bola, melewatinya, mengopernya dengan sangat baik, mampu mengatur operan bola untuk orang lain dan untuk bisa mendapatkan assist atau mencetak gol.

Kemampuan Xavi pada Arthur Melo

Pemain Brasil itu tampak seperti sosok Xavi. Sentuhannya cepat tetapi masuk akal, dia mengatasi garis pertahanan dan menarik pemain lawan dengan berbagai macam cara. Integrasi Arthur di Barcelona telah stabil. Dia terbatas pada penampilan pengganti togel online untuk bulan pertama musim sebelum awal pertamanya pada 23 September. Dia bermain 58 menit dari pertandingan itu dan ia masih belum menyelesaikan 90 menit penuh untuk Barcelona.

Bahkan sosok Xavi sendiri mengatakan bahwa Arthur memiliki “Barca dalam DNA-nya”. Arthur dianggap mempunyai semua kualitas yang diperlukan untuk menjadi pemain yang berhasil. Jika dia diberi kesempatan untuk bermain, menurut Xavi, dia akan memberikan hal positif termasuk kemenangan bagi Barcelona. Di Barcelona sendiri pemain harus mempunyai keterampilan untuk mengatur gaya permainan agar solid dengan pemain lain.

Masih menurut Xavi, Arthur memiliki segala yang dibutuhkan Barcelona saat ini. Kemampuannya dalam mempertahankan dan juga mengoper bola, termasuk bagaimana dia berpikir dan mengambil keputusan secara cepat, itu hal yang sangat luar biasa. Arthur bisa menjadi salah satu pemain Barca yang bisa diharapkan.

Seperti Barcelona, ​​Brasil juga membutuhkan pemain seperti Arthur. Di Piala Dunia pasangan lini tengah mereka yang paling reguler adalah Casemiro dan Paulinho. Sementara Casemiro menawarkan kualitas defensif, sedangkan Arthur menyediakan peluang lebih banyak di lini tengah daripada Paulinho.

Tite telah mengakui skuadnya akan membutuhkan waktu untuk latihan, dan Arthur memiliki waktu yang cukup untuk terus berlatih sebelum Copa America musim panas mendatang, yang akan diadakan di Brasil. Saat ini tampaknya Arthur akan menjadi bagian dari rencananya, karena ia tampaknya akan menjadi bagian dari rencana Barcelona selama bertahun-tahun yang akan datang, dan mungkin saja Xavi baru akhirnya telah ditemukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *