AHOK

Mengenal Lebih Dekat dengan Film “Man Called Ahok”

Film ini diangkat dari sebuah novel yang mengisahkan kehidupan Basuki Tjahja Purnama di Belitung. Film yang disutradarai oleh Putrama Tuta, bukan hanya menceritakan kehidupan Ahok melainkan juga kegelisahannya terhadap korupsi yang terjadi di daearahnya, sampai ia memilih menjadi bupati Belitung untuk mengatasi masalah tersebut. Film ini diproduksi Oleh The United Team of Art, dengan aktor Eric Febrian yang memerankan Ahok remaja, sementara Daniel Mananta berperan sebagai Ahok dewasa.

Mengenal Lebih Dekat Sosok Ahok

Basuki Tjahja Purnama yang kerap disapa Ahok, merupakan anak sulung dari 5 bersaudara. Ayahnya seorang Tauke yang bernama Kim Nam dan seorang ibu penyayang yang bernama burniati. Masa kecilnya hidup dengan kecukupan. Ayahnya melakukan sebuah usaha pertambangan di Belitung. Bisnisnya ini sudah berjalan lancar hingga pada suatu hari harus berhadapan dengan korupsi,  yang harus membayarkan upeti kepada oknum tak bertanggung jawab itu.

Kim Nam tidak mau membayarkan upeti yang diserahkan begitu saja tanpa ada kejelasan, perlahan bisnisnya mulai mengalami kemunduran, dari mula yang hidupnya berkecukupan kini mulai mengalami kesulitan. Ayahnya yang sudah antipati dengan keadaan koruptur di belitunng mengharapkan Ahok Untuk Menjadi seorang dokter. Namun, Ahok memilih pilihannya sendiri. Keputusan inilah yang menjadikan hubungan dengan ayahnya menjadi dingin.

Semangat Ahok yang membara membawannya untuk memulai bisnis seperti ayahnya. Ia membuka bisnis pertambangan lagi di daerah Belitung. Tak bisa dipungkiri dari kenyataan Ahok juga berurusan dengan oknum tipe yang sama. Meskipun telah mempraktekan apa saja ilmu yang didapat ke bisnisnya, lama kelamaan bisnisnya juga mengalami gulung tikar.

Pilihan Lain dari Ahok

Latar belakang cerita ini kembali mengisahkan kehidupan Ahok di Gantong, Belitung Timur, Provinsi Bangka Beliting. Ayahnya, Kim Nam sering memberikan pertuah saat makan bersama dengan Ahok dan dua adiknya. Pembahasan yang dibicarakan mengenai sebuah mimpi. Bukan hanya semata-mata tentang mimpi tapi juga cara mewujudkan untuk mencapai mimpi tersebut. Pesan pertama bukanlah mengenai itu, tetapi tentang teladan utama untuk selalu berbuat baik terhadap orang yang membutuhkan.

Kim Nam dikenal sebagai sosok yang sangat baik. Banyak tetangga yang datang ke rumahnya untuk meminjam uang. Beberapa alasan untuk dapat meminjam, seperti untuk membayar SPP, keperluan mendesak, sampai biaya untuk berobat. Kim Nam selalu memberikan pinjaman tersebut meskipun ia sendiri kadang tidak memiliki sejumlah uang yang cukup. Maka dari itu untuk memberikan contoh dari petuahnya, ia biasanya menyuruh Ahok untuk meminjam uang kepada saudaranya jika sedang tidak memiliki uang untuk membantu orang.

Ibu dari Ahok, Burniati bisa memahami sisi empati dari suaminya. Namun, juga ada sisi khawatir jika pinjaman dari sang suami bisa membawa kebangkrutan bisnis pertambangannya. Utang untuk biaya operasional tambang dan upah karyawan kian menumpuk. Pendapat yang disampaikan oleh Burniati cukup rasional.

Kim Nam tidak menggubris, ia percaya bahwa tidak akan jatuh miskin seseorang jika untuk membantu keperluan orang lain. ia percaya bahwa setiap tindakan yang baik pasti ada balasan, meskipun balasan yang disampaikan hanyalah sebuah do’a. Burniati merasa terus gelisah dengan keadaan keluargannya. Namun, burniati  juga merasakan pembuktian atas prinsip dari suaminya.

Singkat cerita, musuh dari Kim Nam adalah oknum yang mengurus perjanjian di seantro Balitunng. Si oknum tersebut sebagai pemeras Domino Qiu Qiu setiap proyek. Si oknum samapai melanggengkan korup ini demi keenekan diri sendiri. Ayahnya dan Ahok merasa bahwa uang yang dibayarkan merugikan bagi warga Belitung.

Ahok yang akhirnya meneruskan usaha ayahnya geram ketika si oknum terus mendatanginya, hingga ia menemukan sebuah solusi yaitu menjadi seorang  pejabat. Ayahnya tidak setuju, ia berharap bahwa anaknya bisa membangun sebuah rumah sakit untuk memeperbaiki kualitas kesehatan di kampungnya. Pada akhirnya Ahok memilih keputusan yang telah mantap direncanakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *