Tsunami Tsunami Japan

10 Tahun Gempa dan Tsunami Fukushima Jepang


Banyak kegiatan yang dilakukan  sebagai peringatan untuk 10 tahun peristiwa gempa dan tsunami yang terjadi di Fukushima Jepang. Saat itu, gempa dengan kekuatan 9,1 SR melanda Fukushima dan menyebabkan banyak sekali ketakutan. Yang paling parah adalah memicu terjadinya gelombang tsunami pada 11 Maret 1 dekade silam. Kota kota hancur terutama di Fukushima. Semuanya menjadi berita pedih dan tak terlupakan di dalam sejarah Jepang. Terlebih ada bencana nuklir terburuk di fukushima prefecture saat itu.

 

Mengheningkan CIpta dan Demo Anti Nuklir

Kejadian meledaknya pembangkit listrik tenaga nuklir saat terjadi gempa di Fukushima menjadi sebuah tragedy yang tidak terlupakan. Bahkan ada satu indotogel film dengan judul kota yang sama menceritakan bagaimana bahayanya kejadian tersebut dan banyak sekali korban yang terkena ledakan yang ada di daerah Fukushima. Ada 16 ribu orang meninggal dunia karena ledakan dan radiasi nuklir di sana, sementara itu ada 160 ribu orang terpaksa mengungsi karena tidak bisa berdekatan dengan area ledakan yang terjadi.

 

Gempa yang cukup besar di Fukushima Jepang saat itu sebenarnya dianggap sepele karena Jepang sudah terbiasa dengan adanya gempa. Namun karena terjadi di wilayah pantai dan berdekatan dengan area pengembangan nuklir maka tsunami pun memperburuk keadaan serta terjadinya ledakan membuat tragedy ini bertambah pahit. 50 km dari situs nuklir fukushima, seorang pemilik restoran menggelar upacara do’a untuk ibunya yang tewas akibat tersapu gelombang tsunami pada saat itu.

 

Pria yang berusia 47 tahun dan merupakan pemilik restoran di Iwaki, Atsushi Niizuma memberikan penghormatan kepada ibu di monument batu yang ada di kuil. Kuil ini juga menjadi lambing untuk penyintas karena bangunan ini tidak tersapu saat tsunami. Banyak korban lain yang tertulis di dalam batu tersebut. Selain Niizuma, ada banyak warga lainnya yang melakukan upacara penghormatan, dan mengheningkan cipta. Demikian juga di Tokyo, Naruhito sebagai Kaisar Jepang menggelar upcara doa dan mengheningkan cipta bersama.

 

Perdana Menteri Ucapkan Bela Sungkawa

Selain kaisar Naruhito dan permainsuri. Perdana Menteri Yoshihide Suga pun menghadiri acara 10 tahun tragedy fukushima Jepang. Ada juga sejumlah pejabat yang lainnya. Di dalam pidato yang disampaikan oleh perdana menteri, Suga mengatakan kesedihan untuk para keluarga korban gempa dan tsunami satu dekade yang lalu. Dirinya mengatakan bahwa tidak tertahankan ketika memikirkan perasaan semua orang yang kehilangan orang yang dicintai juga teman teman. Bela sungkawa dihaturkan dari lubuk hatinya yang terdalam.

 

Saat ini pemerintah Jepang sudah menghabiskan dana lebih dari 32,1 triliun yen untuk membangun kembali wilayah yang terdampak gempa juga tsunami. Akan tetapi di bagian wilayah Fukushima masih ditinggalkan karena masih memancarkan radiasi yang berbahaya untuk makhluk hidup sehingga masih menjadi daerah yang terlarang juga. Banyak aksi unjuk rasa yang mengatakan bahwa Jepang harus bisa menjadi negara anti nuklir melihat bagaimana akibat dari ledakan nuklir yang terjadi 10 tahun yang lalu.

 

Pemerintah jepang berusaha untuk menonaktifkan situs nuklir yang ada di Fukushima namun hal ini perlu banyak sekali waktu. Kabarnya, dibutuhkan waktu hingga puluhan tahun untuk bisa menjadikan wilayah tersebut normal kembali. selain itu uang yang dihabiskan oleh pemerintahan Jepangpun tidak sedikit bahkan bisa miliaran dolar. Selain karena tsunami, masyarakat di Fukushima ada 40 ribu orang yang masih mengungsi dan melarikan diri dari wilayah itu karena tempat tinggal mereka masih terkenal radiasi nuklir.